Tindakan, Motif dan Prinsip Ekonomi

 

        Pada gambar 3.2 diatas tampak adanya aktivitas manusia yang cukup sibuk. Apa yang Ananda pikiran ketika melihat gambar 3.2 diatas, mengapa orang-orang rela melakukan kegiatan yang cukup sibuk tersebut?
    Gambar 3.2 menunjukkan suatu kegiatan yang dinamakan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan ekonomi memunculkan kesibukan dalam kehidupan manusia seperti kesibukan melakukan aktivitas bekerja, memproduksi dan mengkonsumsi barang dan jasa, mendistribusikan barang dan jasa kepada konsumen yang membutuhkan dan lain lain. Pada pembelajaran 3 ini Ananda belajar mengenai tindakan, motif dan prinsip ekonomi yang mendasari manusia melakukan aktivitas hidupnya.

 

Pengertian tindakan, motif dan prinsip ekonomi

Pada gambar 3.2 diatas terlihat adanya kesibukan aktivitas jual-beli barang dan jasa di pasar. Para penjual dan pembeli sibuk melakukan transaksi jual beli karena memiliki alasan mendasar yaitu untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. Dalam ilmu ekonomi, segala kegiatan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup disebut dengan tindakan ekonomi atau perbuatan ekonomi.

Semua tindakan manusia didorong oleh kekuatan yang disebut dengan motif. Motif yang menggerakkan tindakan manusia ada ada dua yaitu motif intrinsik yaitu dorongan yang berasal dari dalam diri sendiri dan motif ekstrinsik karena pengaruh dari luar diri manusia. Kedua motif tersebut mempengaruhi tindakan ekonomi ekonomi yang dilakukan manusia yaitu kegiatan ekonomi yang didorong oleh keinginan diri sendiri (motif intrinsik) semisal Ananda membeli baju karena benar-benar anda sukai dan inginkan; ada juga tindakan ekonomi karena motif dari luar (motif ekstrinsik) yaitu agar mendapatkan pujian, penghargaan atau menghindari hukuman orang lain, semisal Ananda membeli baju bukan karena keinginan diri tetapi karena ingin setara, agar diterima dan dihargai oleh teman sebaya Ananda.

Berdasarkan motif intrinsik dan ekstrinsik yang dialami manusia, terdapat empat jenis Motif ekonomi dalam semua tindakan ekonomi manusia yaitu;
  1. Motif memenuhi kebutuhan. Motif ekonomi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dan keinginan mencapai kemakmuran. Contohnya bekerja menjadi pedagang, karyawan, wirausaha, buruh.
  2. Motif berbuat sosial. Motif ekonomi ini mendorong untuk berbuat kebaikan, mencari teman atau memenuhi kebutuhan sosial manusia. Contohnya berbagi rejeki ke Panti Asuhan/ Panti Jompo atau bersedekah kepada sesama yang membutuhkan.
  3. Motif mendapatkan penghargaan. Motif ekonomi ini dilakukan dengan tujuan mendapatkan pujian, penghargaan dan status sosial yang lebih tinggi. Dilakukan dengan usaha yang rajin. Contohnya menjadi juara kelas, memenangkan lomba, menjadi ketua OSIS.
  4. Motif memperoleh kekuasaan. Motif ekonomi karena dorongan untuk memperoleh kekuasaan atau kemampuan mengatur orang lain. Dilakukan diberbagai bidang usaha dalam perekonomian. Contohnya bersekolah, bekerja keras untuk dapat memperoleh jabatan pekerjaan yang lebih tinggi, melakukan kampanye politik untuk menjadi Lurah di sebuah Desa.

    Suatu kegiatan ekonomi didasari oleh adanya prinsip ekonomi atau hal yang menjadi dasar atau pedoman bagi manusia untuk berpikir atau bertindak secara ekonomi. Secara umum prinsip ekonomi manusia adalah melakukan kegiatan ekonomi yang efisien dan efektif. Efisien dalam menggunakan sumber daya, waktu dan tenaga yang ada tetapi efektif untuk mencapai tujuan ekonomi yang diinginkan. Prinsip ekonomi ini tertuang dalam beberapa tindakan yaitu:
  1. Berupaya untuk mendapatkan hasil yang sesuai keinginan dengan pengorbanan yang seminimal mungkin.
  2. Berupaya menyesuaikan jumlah pengorbanan yang dikeluarkan dengan hasil yang ingin didapatkan.
  3. Berupaya memaksimalkan alat yang tersedia untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Prinsip ekonomi dilakukan dan terjadi dalam tiga macam aktivitas ekonomi manusia yaitu aktivitas produksi, distribusi dan konsumsi. Berikut ini adalah penerapan prinsip ekonomi dalam tiga aktivitas tersebut.

A. Prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi

  1. Menggunakan bahan baku/mentah dengan kualitas baik agar menghasilkan barang berkualitas.
  2. Mendirikan tempat usaha dekat sumber bahan baku untuk menekan biaya produksi serendah mungkin.
  3. Menggunakan tenaga kerja dengan upah murah agar mendapatkan keuntungan maksimal.
  4. Menghasilkan barang yang diminati konsumen.
B. Prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi
  1. Menyalurkan barang tepat sasaran, tepat waktu dan tepat tempat.
  2. Menempatkan lokasi usaha diantara produsen sebagai penghasil produk dan konsumen selaku pembeli produk.
  3. Menggunakan sarana disribusi yang murah
  4. Memberikan layanan yang baik dan menyalurkan barang dan jasa pada konsumen tepat waktu
  5. Memeratakan hasil produksi ke daerah-daerah yang memerlukan.
  6. Membuat harga barang stabil atau tidak mengalami gejolak.

C. Prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi

  1. Membeli barang dengan teliti memilih dan memeriksa terlebih dahulu.
  2. Memilih barang yang kualitas paling baik demi kepuasan maksimal
  3. Membeli barang sesuai dengan yang direncanakan.
  4. Membuat skala prioritas kebutuhan.
  5. Mendapatkan barang yang bermutu dengan harga murah.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama